Pedoman Katekese - Hidup dalam Terang Sabda

Header Ads

Banner Terang Sabda

Pedoman Katekese

Yesus mengajar

Konsili Vatikan II (1962-1965) mengamanatkan penyusunan suatu pedoman atau direktorium "tentang pengajaran katekis Umat kristiani, yang menguraikan azas-azas dasar serta penataan pengajaran itu, dan tentang penjabaran buku-buku yang menyangkut hal itu" (CD 44). Berdasarkan mandat Konsili ini, sampai saat ini Gereja Katolik telah tiga kali menerbitkan pedoman yang memaparkan dasar-dasar teologis dan pastoral karya kateketik. Pedoman tersebut ditujukan kepada semua pihak yang terlibat dalam katekese, katekumenat, pembinaan iman dan evangelisasi, terutama para uskup, katekis pertama di keuskupannya. 

Pedoman terbaru untuk Katekese diterbitkan oleh Dewan Kepausan untuk Promosi Evangelisasi Baru pada tanggal 25 Juni 2020. Dokumen ini menggantikan "Pedoman Katekese Umum" (General Catechetical Directory) yang diterbitkan pada tahun 1971 dan kemudian "Petunjuk Umum Katekese" (General Directory for Catechesis) yang diterbitkan pada tahun 1997. Dokumen "Pedoman Katekese" (Directory for Catechesis) yang terbaru ini disetujui oleh Paus Fransiskus pada tanggal 23 Maret 2020.

Dalam Pedoman ini, katekese dipahami tidak hanya sekedar sebagai suatu pengajaran tentang pengetahuan iman ataupun pelaksanaan pedagogi pelajaran agama. Katekese dipahami sebagai sebuah proses dalam kehidupan Gereja yang mempunyai panggilan dasar untuk mewartakan Injil, Gereja misioner yang bergerak keluar untuk memberitakan Kristus. Orientasi pada evangelisasi ini membutuhkan perubahan mentalitas dan pembaruan dalam karya kateketik. Hal tersebut diterjemahkan ke dalam struktur dokumen yang disederhanakan dari lima bagian dalam dokumen PUK 1997 menjadi tiga bagian dalam PK 2020. Namun demikian kebaruan yang lebih esensial terletak pada substansi teks ini yang menegaskan tentang integrasi katekese ke dalam proses pewartaan Injil atau evangelisasi. Karena itu sejak dari awal (PK 2), Pedoman ini sangat menekankan pada katekese yang bersifat kerygmatis dan sekaligus mistagogis, yang sudah disebutkan dalam Evangelii Gaudium (EG 163). 

Terjemahan dalam bahasa indonesia dokumen "Pedoman Katekese" (Directory for Catechesis) tersebut bisa dibaca di sini : https://www.terang-sabda.com/p/pedoman-katekese-2020.html.


#katekese #pedomankatekese #evangelisasi

No comments