Header Ads

Terang Sabda

Sabtu, 28 September 2013

Hari Biasa Pekan Biasa XXV/C

“Andai aku memiliki seribu nyawa, aku akan menyerahkan semuanya untuk Kristus” (St. Laurensius Ruiz).

Antifon Pembuka (Za 2:10)
Bersorak-sorailah dan bersukarialah, sebab Aku sungguh datang dan akan tinggal di tengah-tengahmu.

Doa Pagi
Selamat pagi ya Bapa yang Mahapengasih. Syukur bagi-Mu karena pagi ini kami dapat bangun dengan selamat dan gembira hati, meski sabda-Mu hari ini tidak kami mengerti makna sepenuhnya, namun satu hal yang menggembirakan kami, bahwa Engkau berjanji menyertai kami di setiap saat hidup kami, dan itu cukup bagi kami. Terpujilah Engkau, ya Bapa, yang dalam persekutuan dengan Yesus, Putera-Mu dan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, kini dan sepanjang masa. Amin.

Bacaan I
Bacaan dari Nubuat Zakharia (Zak 2:1-5.10-11a)

“Bersorak sorailah dan bersukarialah, hai puteri Sion, sebab sesungguhnya Aku datang dan tinggal di tengah-tengahmu.”

Aku, Zakharia, melayangkan mataku dan melihat: Tampak seorang yang memegang tali pengukur. Aku lalu bertanya, “Ke manakah engkau pergi?” Maka ia menjawab, “Ke Yerusalem, untuk mengukurnya, untuk melihat berapa lebar dan panjangnya.” Lalu malaikat yang berbicara dengan daku maju ke depan. Sementara itu seorang malaikat lain maju, mendekatinya dan diberi perintah, “Larilah, katakanlah kepada orang muda yang di sana itu, demikian: Yerusalem akan tetap tinggal seperti padang terbuka oleh karena banyaknya manusia dan hewan di dalamnya. Dan Aku sendiri, demikianlah sabda Tuhan, akan menjadi tembok berapi di sekelilingnya, dan Aku akan menjadi kemuliaan di dalamnya.” “Bersorak sorailah dan bersukarialah, hai puteri Sion, sebab sesungguhnya Aku datang dan tinggal di tengah-tengahmu,” demikianlah sabda Tuhan, “dan pada waktu itu banyak bangsa akan menggabungkan diri kepada Tuhan dan akan menjadi umat-Ku, dan Aku akan tinggal di tengah-tengahmu.”
Demikianlah sabda Tuhan.
U: Syukur kepada Allah.


Mazmur Tanggapan
Reff: Tuhan menjaga kita seperti gembala menjaga kawanan dombanya.
Ayat (Yr 31:10.11-12ab-13):
  1. Dengarlah firman Tuhan, hai bangsa-bangsa, dan beritahukanlah di tanah-tanah pesisir yang jauh, katakanlah: Dia yang telah menyerahkan Israel akan menghimpunnya kembali, dan menjaganya seperti gembala menjaga kawanan dombanya!
  2. Sebab Tuhan telah membebaskan Yakub, telah menebusnya dari tangan orang yang lebih kuat daripadanya. Mereka akan datang bersorak sorai di atas Bukit Sion, maka mereka akan berseri-seri karena kebajikan Tuhan.
  3. Waktu itu anak-anak dara akan bersukaria menari beramai-ramai, orang muda dan orang-orang tua akan bergembira, Aku akan mengubah perkabungan mereka menjadi kegirangan, akan menghibur dan menyukakan mereka sesudah kedukaan.

Bait Pengantar Injil 
Reff: Alleluya
Ayat: Penebus kita Yesus Kristus telah membinasakan maut, dan menerangi hidup dengan Injil.

Bacaan Injil
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (Luk 9:43b-45)

"Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia.”

Semua orang heran karena segala yang dilakukan Yesus. Lalu Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Dengarkan dan camkanlah segala perkataan-Ku ini: Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia.” Mereka tidak mengerti perkataan itu, sebab artinya tersembunyi bagi mereka, sehingga mereka tidak dapat memahaminya. Dan mereka tidak berani menanyakan arti perkataan itu kepada Yesus.
Demikianlah Injil Tuhan.
U: Terpujilah Kristus.


Renungan
Bangsa Israel kembali ke reruntuhan Yerusalem setelah puluhan tahun pengasingan di Babel. Mereka berusaha untuk membangun kembali Bait Allah dan kota Yerusalem. Namun, karena tembok Yerusalem tidak lagi berdiri, orang Israel tak berdaya bagaikan bebek yang duduk di hadapan tentara yang siap menyerang (lihat Neh 3:35). Mereka sangat membutuhkan pertahanan diri (lihat Neh 4:1-5). Di tengah situasi kritis ini, Tuhan berjanji melalui Nabi Zakharia: "Aku akan untuk [Yerusalem] dinding mengelilingi api" (Za 2:9). Allah menjadi "firewall" pertama dalam sejarah.

Pada zaman sekarang ini, komputer memiliki "firewall" untuk melindungi dari para penyerbu tanpa henti misalnya hacker dan virus. Demikian pula, orang Kristen memiliki "firewall" terbaik - Gembala cinta yang secara pribadi membela domba-dombaNya dan Dialah yang melindungi dengan api (Kel 14:24).

Orang Ibrani yang meninggalkan Mesir pada malam Paskah dilindungi oleh Allah dengan api (Kel 14:24) - awan api untuk membatasi tentara Mesir dari maju lebih jauh. Apakah Anda percaya bahwa Tuhan masih mampu melindungi Anda dan semua umat-Nya hari ini? Janganlah Anda menaruh kepercayaan pada para bangsawan, senjata, kekuatan manusia, maupun tentara. Taruhlah kepercayaan Anda pada "Allah yang menjawab dengan api" (1 Raj 18:24) dan Dialah yang melindungi dengan api.

Doa Malam
Tuhan Yesus, sebelum beristirahat, kami mencoba merenung kembali, siapakah Engkau itu? Kami percaya bahwa Engkau adalah Mesias yang mencintai kami. Kami heran, siapakah kami ini sampai Engkau mau menderita dan wafat bagi kami, namun apadaya, kesadaran dan pengertian kami sangat terbatas. Maka kami hanya mampu bersujud dan bersyukur pada-Mu. Yesus, terimalah kami yang lemah ini. Amin.

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.