Header Ads

Terang Sabda

Selasa, 02 Oktober 2012

PW PARA MALAIKAT PELINDUNG
Seorang malaikat mendampingi setiap orang beriman sebagai pelindung dan gembala, supaya mengantarnya ke kehidupan” (St. Basilius)

Doa Pagi
Allah yang Mahakuasa dan kekal, terimalah syukurku atas malaikat pelindung yang setia menjaga, melindungi dan menuntun aku. Semoga dalam lindungannya, aku dapat menempuh perjalanan di jalan yang benar dan aman. Amin.

Antifon Pembuka (Dan 3:38)
Pujilah Tuhan, hai segala malaikat-Nya. Bermadahlah, luhurkanlah Dia selama-lamanya.

Taat pada perintah Tuhan adalah sikap hidup yang benar, namun jika tidak taat pada-Nya kita akan celaka. Tuhan akan memberikan perlindungan dan mengantar kita dengan selamat sampai kepada-Nya. Kita tidak perlu takut dan ragu, Tuhan berjalan di depan kita.

Bacaan dari Kitab Keluaran (23:20-23a)
Inilah firman Tuhan, “Sungguh, Aku mengutus seorang malaikat berjalan di depanmu, untuk melindungi engkau di jalan dan untuk membawa engkau ke tempat yang telah Kusediakan. Jagalah dirimu di hadapannya dan dengarkanlah perkataannya; janganlah engkau mendurhaka kepadanya, sebab pelanggaranmu tidak akan diampuni olehnya, sebab nama-Ku ada di dalam dia. Tetapi jika engkau sungguh-sungguh mendengarkan perkataannya, dan melakukan segala yang Kufirmankan, maka Aku akan menggempur musuhmu, dan menang atas lawanmu. Sebab malaikat-Ku akan berjalan di depanmu.”

Mazmur Tanggapan (Mzm 91:1-2.3-4.5-6.10-11)
R : Malaikat-malaikat akan diperintahkan-Nya untuk menjaga engkau di segala jalanmu.
1. Orang yang duduk dalam lindungan Yang Mahatinggi dan bermalam dalam naungan Yang Mahakuasa akan berkata kepada Tuhan, “Tuhanlah tempat perlindungan dan kubu pertahananku, Allahku, yang kupercayai.” 
2. Sungguh, Dialah yang akan melepaskan engkau dari jerat penangkap burung, dari penyakit sampar yang busuk. Dengan kepak-Nya Ia akan menudungi engkau, di bawah sayap-Nya engkau akan berlindung, kesetiaan-Nya adalah perisai dan pagar tembok. 
3. Engkau tak usah takut terhadap kedahsyatan malam, terhadap panah yang terbang di waktu siang; terhadap penyakit sampar yang menjalar di dalam gelap, terhadap penyakit menular yang mengamuk di waktu petang. 
4. Malapetaka tidak akan menimpa kamu, dan tulah tidak akan mendekat kepada kemahmu; sebab malaikat-malaikat akan diperintahkan-Nya untuk menjaga engkau di segala jalanmu.

Bait Pengantar Injil
Alleluya
Pujilah Tuhan, hai segala tentara-Nya, muliakanlah Dia, hai para hamba yang melakukan kehendak-Nya.  
Alleluya.

Salah satu ungkapan pertobatan adalah memberi perhatian dan kasih kepada anak kecil. Perlakuan yang kasar dan tidak manusiawi kepada anak-anak merupakan tindakan yang tidak terpuji. Allah sungguh mencintai mereka dengan memberikan malaikat pelindung. Sambutlah anak-anak dengan penuh kasih agar keselamatan Kristus hadir dalam hidup kita.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius (18:1-5.10)
Sekali peristiwa datanglah murid-murid kepada Yesus dan bertanya, “Siapakah yang terbesar dalam Kerajaan Surga?” Maka Yesus memanggil seorang anak kecil dan menempatkannya di tengah-tengah mereka lalu berkata, “Aku berkata kepadamu: Sungguh, jika kamu tidak bertobat dan menjadi seperti anak kecil ini, kamu tidak akan masuk ke dalam Kerajaan Surga. Sedangkan barangsiapa merendahkan diri dan menjadi seperti anak kecil ini, dialah yang terbesar dalam Kerajaan Surga. Barangsiapa menyambut seorang anak seperti ini dalam nama-Ku, ia menyambut Aku. Ingatlah, jangan menganggap rendah seorang dari anak-anak kecil ini. Karena Aku berkata kepadamu: Malaikat mereka ada di surga, dan selalu memandang wajah Bapa-Ku yang di surga.”

Renungan
Orang yang sombong dan congkak hatinya sangat tidak disukai Tuhan. Sebaliknya orang yang rendah hati, penuh kasih sayang, menghormati dan mau mendahulukan orang lain, sangat disukai Tuhan. Metanoia atau pertobatan terus menerus menjadi usaha untuk mencapai hidup yang berkenan kepada Tuhan. Inilah panggilan dasar hidup Kristiani dalam peziarahan hidup di tengah dunia yang terus berubah ini. Bagaimana sikap anda?

Doa Malam
Yesus, tolonglah aku untuk berani bertobat dan menjadi seperti anak kecil. Sebab melalui cara itulah aku pantas masuk ke dalam Kerajaan Surga. Amin.

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.