Header Ads

Terang Sabda

Selasa, 10 September 2013

Hari Biasa Pekan Biasa XXIII/C

“Janganlah mencintai dunia atau pun barang-barang duniawi, sebab dunia ini akan segera berlalu” (St. Nikolaus Tolentino).

Antifon Pembuka (Kol 2:6-7)
Kalian telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah hidup kalian tetap di dalam Dia. Hendaklah kalian berakar di dalam Dia dan dibangun di atas Dia. 

Doa Pagi
Syukur dan terima kasih ya Bapa, atas rahmat Sakramen Pembaptisan yang boleh kami terima. Semoga kami semakin berakar dalam Kristus dan dibangun di atas Dia serta semakin teguh dalam iman akan Kristus yang menghantar kami sampai kepada keselamatan. Amin. 

Bacaan I Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Kolose (2:6-15)    
"Hendaklah kalian berakar dalam Yesus Kristus dan dibangun di atas Dia."

Saudara-saudara, kalian telah menerima Kristus Yesus, Tuhan kita. Karena itu hendaklah kalian tetap hidup bersatu dengan Dia. Hendaklah kalian berakar dalam Dia dan dibangun di atas Dia. Hendaklah kalian bertambah teguh dalam iman yang telah diajarkan kepada kalian. Hendaklah hatimu melimpah dengan syukur. Hati-hatilah, jangan sampai ada orang yang menawan kalian dengan filsafat kosong dan palsu, menurut ajaran turun-temurun dan roh-roh dunia, tetapi tidak menurut Kristus. Sebab seluruh kepenuhan Allah secara jasmaniah diam dalam Kristus, dan dalam Dia kalian pun memperoleh kepenuhan. Dialah kepala semua pemerintah dan penguasa. Dalam Dialah kalian telah disunat, bukan dengan sunat yang telah dilakukan oleh manusia, tetapi dengan sunat Kristus, yang wujudnya adalah penanggalan tubuh yang berdosa. Sebab kalian telah dikuburkan bersama Kristus dalam pembaptisan dan dibangkitkan bersama Dia oleh kepercayaanmu akan karya kuasa Allah, yang telah membangkitkan Kristus dari orang mati. Dahulu kalian mati karena pelanggaranmu dan karena tak bersunat secara lahiriah. Tetapi kini Allah menghidupkan kalian bersama Kristus sesudah Ia mengampuni segala pelanggaran kita. Surat utang yang oleh ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita, telah dihapuskan-Nya dan ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib. Kristus telah melucuti pemerintah dan penguasa-penguasa dan menjadikan mereka tontonan umum dalam pawai kemenangan-Nya.  
Demikianlah sabda Tuhan.  
U: Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan (Mzm 145:1-2.8-9.10-11) 
Reff: Tuhan itu baik kepada semua orang. 
Ayat:
  1. Aku hendak mengagungkan Dikau, ya Allah, ya Rajaku, aku hendak memuji nama-Mu untuk selama-lamanya. Setiap hari aku hendak memuji Engkau, dan memuliakan nama-Mu untuk selama-lamanya.
  2. Tuhan itu pengasih dan penyayang, panjang sabar dan besar kasih setia-Nya. Tuhan itu baik kepada semua orang, penuh rahmat terhadap segala yang dijadikan-Nya.
  3. Segala yang Kaujadikan akan bersyukur kepada-Mu, ya Tuhan, dan orang-orang yang Kaukasihi akan memuji Engkau. Mereka akan mengumumkan kemuliaan kerajaan-Mu, dan akan membicarakan keperkasaan-Mu.

Bait Pengantar Injil 
Reff: Alleluya
Ayat: Kalian telah Kupilih dari dunia dan Kutetapkan agar pergi dan berbuah, dan buahmu tinggal tetap.

Bacaan Injil Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (6:12-19)
"Mereka datang untuk mendengarkan Dia dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka."

Sekali peristiwa Yesus mendaki sebuah bukit untuk berdoa. Semalam-malaman Ia berdoa kepada Allah. Keesokan harinya, ketika hari siang, Ia memanggil murid-murid-Nya dan memilih dari antara mereka dua belas orang yang disebut-Nya rasul. Mereka itu ialah: Simon, yang diberi-Nya nama Petrus, Andreas, saudara Simon, Yakobus dan Yohanes, Filipus dan Bartolomeus, Matius dan Tomas, Yakobus anak Alfeus, dan Simon yang disebut orang Zelot, Yudas anak Yakobus dan Yudas Iskariot.yang kemudian menjadi pengkhianat. Lalu Yesus turun bersama mereka dan berhenti pada suatu tempat yang datar. Di situ berkumpul sejumlah besar murid-murid-Nya dan banyak orang lain yang datang dari seluruh Yudea dan dari Yerusalem, dan dari daerah pantai Tirus dan Sidon. Mereka datang untuk mendengarkan Dia dan untuk disembuhkan dari penyakit mereka: juga mereka yang kerasukan roh-roh jahat mendapat kesembuhan. Dan orang banyak itu berusaha menjamah Dia, sebab dari pada-Nya keluar suatu kuasa, dan semua orang itu disembuhkan-Nya.  
Demikianlah Injil Tuhan  
U: Terpujilah Kristus.  

Renungan
Ada tiga hal yang dilakukan Yesus: berdoa, membangun persaudaraan dan melayani. Yesus membangun relasi-Nya dengan Bapa, dengan naik ke atas sebuah bukit dan berdoa semalam-malaman di sana. Ia kemudian memilih dua belas orang, yang disebut-Nya rasul. Lalu bersama mereka, Ia melayani orang yang datang dari pelbagai wilayah. Ia mewartakan kabar gembira dan menyembuhkan mereka. Apakah kita mempunyai waktu untuk berdoa, membangun persaudaraan dengan sesama, dan melayani orang lain?

Doa Malam
Ya Bapa, berilah kami pada malam ini istirahat yang menyegarkan badan. Antarlah kami kepada hari yang baru dan esok hari kami dapat bangun dengan semangat yang segar untuk meneruskan pengabdian kepada-Mu dan sesama. Demi Kristus Tuhan dan Pengantara kami. Amin.

No comments

Note: Only a member of this blog may post a comment.